Cara Membuat Website Fotografi untuk Pemula

membuat website fotografi

Bagi seorang fotografer tentunya memiliki website fotografi adalah hal yang sangat penting. Karena menunjukkan hasil jepretan terbaik itu tidak cukup diperlihatkan pada media sosial saja. Namun Anda membutuhkan web fotografi untuk menunjukkan hasil fotonya demi meningkatkan kredibilitas bisnis.

Umumnya klien akan lebih percaya terhadap jasa fotografer yang mempunyai web daripada tanpa website. Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana caranya membuat web fotografi yang keren secara langsung. Karena dengan memiliki website ini akan memberikan banyak manfaat bagi pemilik fotografi.

Salah satu alasan kenapa seorang fotografer harus memiliki website adalah supaya brandnya lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Bila website Anda sudah muncul pada mesin pencari, maka bisnisnya semakin berpeluang dilihat banyak orang. Sehingga kredibilitas usaha fotografi Anda akan semakin meningkat dan terlihat profesional.

Tidak hanya itu saja, lewat website fotografi inilah para pengunjung dapat melihat hasil jepretan Anda secara langsung. Sehingga mereka bisa melihat seperti apakah sepak terjang Anda dalam mengambil foto untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tentunya dengan memiliki website akan memudahkan Anda melakukan promosi online.

Setiap orang yang mengklik iklannya, maka mereka akan diarahkan langsung ke website Anda. Sehingga dari sinilah para pengunjung bisa mengetahui seperti apakah penawaran yang ada dan melakukan pemesanan secara langsung. Maka dari itu sebaiknya perhatikan cara di bawah ini jika ingin membuat website fotografi:

Tentukan Nama Domain dan Layanannya Dahulu

membuat website fotografi

Untuk membuat sebuah website, tentukan dulu nama domainnya. Semakin mudah diingat dan unik namanya akan membuat website Anda berpeluang dikunjungi banyak orang. Maka dari itu pikirkan nama domain sesingkat mungkin dengan matang. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan angka ataupun tanda penghubung.

Karena memakai angka dan tanda penghubung membuat nama website sulit diingat. Di samping itu, sebaiknya pilihlah ekstensi domain yang sering digunakan. Misalnya saja seperti co.id, .com, dan lainnya. Bila perlu, pilih layanan web hosting yang tepat sebelum mendaftarkan domain. 

Untuk pembuatan website fotografi, sebaiknya cari hosting yang memiliki server dengan kecepatan tinggi dan harus didukung selama 24 jam penuh. Sehingga website tersebut bisa diakses terus oleh pengunjung tanpa masalah. Server yang buruk bisa membuat Anda kehilangan banyak pelanggan karena websitenya down.

Bila sudah, selanjutnya segera instal wordpress. Karena meskipun sekarang ini sudah banyak platform CMS, namun wordpress merupakan pilihan terbaik. WordPress itu mudah digunakan untuk pemula. Selain itu platform ini juga gratis dan memiliki banyak tema. Sehingga Anda bisa lebih mudah mengatur tampilannya tanpa coding.

Untuk pilihan pluginnya sendiri juga banyak. Sehingga Anda bisa menggunakan plugin apa saja sesuai dengan kebutuhan dan keperluan pada website.  Dengan begitu, hal ini akan membuat Anda bisa membuat website fotografi lebih profesional. Karena tampilannya terlihat lebih lengkap.

Pilih Template dan Instal Plugin Pendukungnya

membuat website fotografi

Setelah memilih platform CMS, selanjutnya tentukan templatenya. Jadi sekarang tugas Anda adalah mengatur website dari tema sampai kontennya. Karena website yang tidak memiliki tema pasti kurang menarik. Terlebih bila dari awal Anda ingin membuat web fotografi untuk kebutuhan portofolio maka penampilannya harus maksimal.

Dari penampilan template yang menarik akan memudahkan Anda mencari klien secara online. Beruntungnya, saat menggunakan wordpress, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan template gratis yang bisa dipakai langsung berdasarkan kategorinya. Beberapa contoh template untuk fotografi adalah Bard, Uncode, dan lainnya.

Untuk cara menginstalnya sangat mudah. Cukup login dulu ke dashboardnya dan pilih appearance. Setelah itu, pilih add new dan temanya, lalu instal. Bila sudah tekan activate untuk memilih tema yang sesuai. Kemudian, segera instal plugin yang Anda butuhkan untuk meningkatkan fitur layanan wordpressnya.

Beberapa plugin yang harus diinstal untuk meningkatkan kinerja website fotografi adalah Yoast SEO, Envira gallery, tiny PNG, jetpack, dan mailchimp. Yoast SEO ini berguna untuk membuat website Anda bisa masuk di halaman pertama mesin pencari. Sedangkan Envira gallery berguna untuk menciptakan galeri foto yang menarik.

Selanjutnya, Tiny PNG ini berguna untuk mengompres foto sebelum diupload. Sehingga kecepatan loading website menjadi lebih cepat dan performanya tidak menurun. Karena umumnya file foto yang ukurannya terlalu besar akan membuat proses loadingnya lambat sehingga performanya menurun.

Siapkan Foto dan Konten yang Menarik 

membuat website fotografi

Setelah memilih manakah template yang sesuai dan menginstal pluginnya, silahkan isi konten website fotografi dan tambahkan foto di dalamnya. Namun semuanya harus terkonsep dengan baik dan jangan asal menambahkan fotonya. Akan lebih baik bila gambarnya harus dikelompokkan berdasarkan tema dan kategorinya dulu.

Untuk memudahkan proses upload foto, sebaiknya buat gallery dulu. Dengan galeri inilah akan memudahkan Anda menampilkan hasil karya berdasarkan kategorinya. Cara untuk melakukannya sangat mudah. Yaitu pilih menu envira dan add new. Setelah itu tulis judul galerinya, dan unggah fotonya. Kemudian publish maka galerinya jadi.

Jadi ikuti cara membuat galeri foto di website yang dijelaskan di atas. Untuk membuat tampilannya semakin lengkap, Anda bisa menambahkan sejumlah artikel seputar fotografi. Bila perlu, buat 1 halaman khusus tentang dunia fotografi. Karena artikel inilah yang nantinya akan meningkatkan SEO website fotografi supaya mudah diindex oleh Google.

Buat Halaman Kontak dan Gunakan SEO

membuat website fotografi

Hal terakhir yang harus disiapkan adalah deskripsi seputar profil perusahaan Anda. Deskripsi profil inilah yang nantinya akan berguna sebagai portofolio untuk menarik pelanggan. Sehingga  para pelanggan bisa mengetahui seputar apa saja layanan yang ditawarkan oleh usaha Anda. Maka dari itu jangan lupa membuat menu about.

Di halaman about pada website fotografi ini, silahkan isi keahlian dan juga project yang pernah Anda selesaikan sebelumnya. Untuk memudahkan pembuatan halaman about, maka buatlah profilnya dengan jelas dan singkat. Tulis dasar informasi tentang bisnis berbentuk narasi supaya pengunjung langsung terpikat oleh brand Anda.

Selanjutnya, cantumkan foto diri Anda di halaman tersebut untuk pendukungnya. Untuk fotonya sendiri tidak harus formal, bisa berbentuk kasual dan kreatif untuk memperlihatkan kehandalan Anda sebagai fotografer. Supaya hasilnya lebih maksimal, gunakan media tambahan untuk mempercantik profilnya.

Anda juga dapat mengunggah video untuk memperkenalkan usaha kepada masyarakat. Bila perlu tambahkan chart atau diagram untuk memperlihatkan kemampuan Anda sebagai seorang fotografi. Untuk membuat halaman about me, silahkan pilih menu pages dan add new di dashboard. 

Setelah itu tambahkan judul dan tulis profil tentang bisnis Anda. Tahapan terakhir yang harus diperhatikan adalah segera optimasi SEO website Anda. Hal ini penting sekali untuk membuat website fotografi bisa muncul pada pencarian pertama pada mesin pencari dan otomatis akan mudah ditemukan orang.

Dengan memahami cara membuat website untuk fotografi di atas, tentunya hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan web sesuai kebutuhan. Sehingga kebutuhan para fotografer awam yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam membuat foto keren akan didukung dengan bantuan website fotografi

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?