Mengenal Mail Server Mulai dari Cara Kerja dan Manfaatnya

mail server

Dengan adanya mail server, hal ini membuat kebutuhan mengirim email kepada orang lain semakin cepat meskipun letaknya berjauhan. Melihat hal tersebut, pernahkah Anda mencari tahu seperti apakah cara kerja dari email itu? Bagaimana email dapat diterima langsung meskipun lokasinya berjauhan bahkan sampai ke luar negeri?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka di sinilah peran server pada email ini bekerja. Mail server merupakan sebuah layanan yang bertugas untuk mengirim sekaligus menerima email secara langsung. Meskipun terlihat sederhana, namun sebenarnya prosesnya cukup kompleks bila dijelaskan.

Email yang dikirim kepada seseorang melewati proses yang rumit pada server hingga kemudian bisa diterima oleh penerima. Singkatnya server yang digunakan pada email ini cara kerjanya seperti kantor pos. Jadi server inilah yang nantinya akan menyimpan setiap surat yang masuk kemudian dikirim ke penerima.

Maka dari itu jika Anda masih penasaran seperti apakah komponen, komponen, protokol, cara kerja, fungsi dan manfaatnya, perhatikan penjelasan di bawah. Karena di bawah ini akan dijelaskan serba-serbi tentang penggunaan mail server untuk kebutuhan pengiriman dan penerimaan surat elektronik.

Komponen Server pada Email

3 komponen yang digunakan pada masing-masing server meliputi MDA, MUA, MDA, dan juga MTA. Masing-masing komponennya punya peran yang spesifik untuk memindahkan sekaligus mengelola email. Lebih detailnya akan kami jelaskan fungsi dan peran dari masing-masing komponen di bawah ini:

  1. MUA ini berguna untuk mengirim, menyusun, dan menerima email. Contohnya adalah gmail, yahoo, outlook, dan beberapa layanan email lainnya. Umumnya beberapa MUA yang desainnya lebih menarik secara gratis adalah thunderbird, outlook, dan evolution. Sedangkan yang interfacenya sederhana adalah Mutt.
  2. MTA, komponen yang satu ini berguna untuk mengirim dan menerima email dari komputer lainnya. Dalam sistem pengiriman pesan internet, main transport agent sangat berperan penting dalam menerima, mengirim, dan meminta catatan mail exchange. Ada 2 jenis MTA, yaitu Qmail dan Postflix.
  3. MDA merupakan sebuah perangkat komputer yang berguna untuk mengirim email yang berasal dari MTA server. Umumnya MDA disebut dengan local delivery agent atau LDA. Beberapa MTA bisa berperan menjadi MDA juga saat menambah pesan baru pengguna lokal.

Protokol Server Email

Sementara yang termasuk protokol mail server adalah IMAP, POP3 dan SMTP. Yang bertugas sebagai protokol surat keluar adalah SMTP. Sedangkan surat masuknya adalah POP3 dan IMAP. Lebih detailnya akan kami kupas penjelasan dari 3 kategori tersebut di bawah ini:

  1. SMTP, yaitu sebuah protokol standar yang berguna sebagai transmisi pengiriman pesan. Protokol yang satu ini bertugas untuk menyampaikan pesan dari lokal ke server email. Dalam sistem kerjanya, SMTP ini dikontrol sepenuhnya oleh MTA pada server email milik Anda.
  2. POP3 merupakan metode penerimaan email versi 3. Jadi POP3 berguna untuk menghubungi mail server, setelah itu mengunduh setiap pesan baru yang masuk. Bila pesan baru tersebut sudah diunduh, maka langsung hilang dari servernya. Jadi saat mengecek email baru dari gadget berbeda, maka pesannya akan hilang.
  3. IMAP disebut juga dengan internet message access yang artinya Anda bisa mengakses pesan dari mana saja, khususnya lewat internet. Saat Anda memakai IMAP, artinya pesan tersebut sebenarnya tidak disimpan atau diunduh ke dalam komputer. Namun pesannya dibaca dari server. Jadi lebih praktis karena mengandalkan internet.

Cara Kerja Server pada Email

Cara kerja dari mail server adalah menerima sekaligus mengirim email. Ini adalah 2 pekerjaan umum yang dilakukan berdasarkan protokol email. Jadi seperti yang disampaikan sebelumnya, protokol SMTP itu untuk mengirim pesan. Sementara POP3 dan IMAP untuk menerima pesan.  Sedangkan cara kerjanya adalah sebagai berikut ini:

  1. Tahapan untuk mengirim pesan dimulai dari buat pesannya dulu, lalu pilih tombol send. Sehingga MUA langsung mengirim pesan tersebut dan klien yang terhubung akan menerimanya menggunakan server SMTP. Server SMTP domain ini namanya bisa apa saja, menyesuaikan penggunanya.
  2. Selanjutnya email penerima akan terhubung dengan server SMTP. Setelah itu alamat email penerima, pengirim, lampiran, dan isi pesannya akan disampaikan langsung. Dari sinilah jika sudah berkomunikasi dengan penerima, maka MDA akan memproses alamat email penerimanya.
  3. Saat nama domainnya sama seperti pengirimnya, pesannya akan dialihkan ke server IMAP atau POP3. Namun bila namanya berbeda, maka SMTP menghubungi server domainnya dulu. Disini server SMTP pengirim akan terhubung dengan DNS untuk mengambil nama domain penerimanya.
  4. Selanjutnya email domainnya akan diterjemahkan menjadi IP address. Dengan adanya IP address membuat mail server bisa bekerja lebih maksimal. Sampai disini, email akan terhubung dengan server SMTP yang punya IP address penerima. Server SMTP bertugas sebagai pemindai pesan yang masuk.
  5. Bila MUA mengenal username dan domainnya, pesannya langsung dilanjutkan ke server IMAP atau POP3 domain. Disinilah pesan tersebut akan dimasukkan ke dalam antrian send mail. Pesannya akan masuk dalam antrian send mail hingga penerimanya mengizinkan diunduh.

Cara Mendapat Keuntungan Menggunakan Mail Server Khusus

Pada dasarnya kegiatan menerima dan mengirim email itu akan berjalan dengan lancar bila ada server email. Semua email yang berbentuk gratis dan berbayar tergantung dari server email untuk memproses pengiriman pesan. Untuk cara kerja dan proses layanan email berbayar dan gratis itu sama.

Perbedaan masing-masing server tersebut terlihat dari pengaturan, ukuran, dan sistem keamanannya. Untuk itulah tentunya ada banyak manfaat yang diterima bila menggunakan server email khusus berbayar. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan bila memakai server email berbayar, antara lain:

  1. Dengan memakai email yang berbayar, Anda bisa mendapatkan server email khusus dan domain sendiri. Sehingga hal ini bisa menggambarkan bahwa perusahaan Anda cukup profesional dalam melayani pelanggan. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan akan semakin meningkat saat memakai server khusus.
  2. Dengan memakai server khusus yang berbayar akan membuat Anda memiliki ukuran disk space yang besar melebihi dari email gratisan. Itu artinya hal ini akan memudahkan Anda dan timnya melakukan komunikasi dan transfer data dengan kliennya.
  3. Menggunakan mail server berbayar akan membuat Anda bisa merasa lebih aman dari malware dan virus. Karena tentunya beberapa server berbayar mempunyai fitur keamanan tambahan di dalamnya. Sehingga serangan dari spam, malware, virus, dan sejenisnya akan segera teratasi.
  4. Memakai server berbayar membuat kualitas privasi data semakin meningkat. Sehingga semua data penting perusahaan lebih aman karena terjamin keamanannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi bila data emailnya dipakai pihak lain karena semuanya lebih baik bila memakai layanan berbayar.

Melihat penjelasan tersebut, tentunya hal ini cukup memberikan penjelasan kepada Anda tentang serba-serbi dari email khusus ini yang ternyata memberi banyak manfaat. Bagi pemilik perusahaan, sebaiknya gunakan layanan email berbayar untuk mendapatkan beberapa manfaat menggunakan mail server seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?