Mengenal Tentang Adobe Ilustrator dengan Baik dan Benar

adobe ilustrator adalah

Anda pasti sering menjumpai beberapa gambar vektor yang banyak berkeliaran di media sosial bukan ? Vektor-vektor tersebut tentunya dibuat oleh para ilustrator dengan menggunakan berbagai perangkat baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Banyak sekali perangkat lunak yang menyediakan fasilitas grafis vektor seperti ini, salah satunya adalah adobe ilustrator. Adobe Ilustrator adalah suatu perangkat lunak yang dikhususkan untuk pembuat karya berupa grafis vektor.

Namun, hal ini mungkin masih belum terlalu membuat Anda paham bahkan mungkin ada juga yang bingung. Oleh karena itu, di sini akan kita bahas Tentang adobe ilustrator secara lengkap agar Anda pun tidak takut mencoba menggunakannya. Berikut penjelasannya secara lengkap mengenai Adobe Ilustrator:

Mengenal Tentang Adobe Ilustrator

Sebelum mengarah pada informasi yang lebih jauh, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai Pengertian adobe ilustrator secara rinci. Seperti yang telah dijelaskan sedikit di atas bahwa Adobe Ilustrator adalah salah satu peranti lunak yang mana fungsinya bisa digunakan untuk membuat berbagi jenis ilustrasi yang basisnya image atau vektor.

Adobe Ilustrator ini dikembangkan oleh Adobe Systems yang memiliki sistem operasi berupa MacOS X dan Microsoft Windows. Adobe Ilustrator ini pertama akali dikembangkan pada tahun 1986 oleh Adobe Inc, dan terus menerus meningkatkan versinya sehingga bisa disesuaikan dengan kemajuan dan perubahan zaman. Sekarang AI telah memiliki berbagai fitur yang mendukung kreativitas para ilustrator dengan mudah dan lengkap.

Fungsi dan Contoh Penggunaan dari Software Adobe Ilustrator

Setelah mengetahui pengertian dan juga beberapa hal mengenai Adobe Ilustrator ini maka selanjutnya kita akan membahas mengenai Kegunaan adobe ilustrator itu sendiri agar Anda bisa lebih paham. Fungsi adobe ilustrator seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu untuk membuat suatu karya berupa grafis vektor. Vektor sendiri merupakan suatu titik atau garis-garis yang dipadukan sehingga menghasilkan suatudesain grafis.

Contoh penggunaan dari salah satu perangkat lunak grafis ini adalah bisa digunakan untuk membuat suatu desain logo baik organisasi, perusahaan, atau bisnis. Selain itu bisa digunakan untuk melakukan desain aplikasi, membuat gambar pop art, mendesain wallpaper, membuat tokoh kartun, membuat suatu ikon dan lain sebagainya.

Kelebihan Software Adobe Ilustrator

Sebenarnya, banyak sekali software yang bisa memfasilitasi berbagai ilustrator, akan tetapi mengapa banyak yang memilih Ai design software dibandingkan dengan software yang lain ? Ternyata AI memiliki banyak sekali kelebihan yaitu :

  1. AI menyediakan banyak sekali toolbar dan sangat lengkap
  2. Fitur yang disediakan banyak, lengkap, dan sangat berguna bagi ilustrator
  3. Pembuatan ilustrasi, logo, dan juga gambar vektor terbilang memiliki kualitas yang baik.
  4. Bisa digunakan untuk file besar bahkan dapat digunakan untuk file di atas 50 MB.
  5. Warna yang diberikan sangat amat lengkap dan disediakan secara halus sehingga saat dilakukan pencetakan tidak mengalami perubahan yang berarti.
  6. Penggunaan Adobe Ilustrator ini bisa terkoneksi dengan berbagai pengguna di seluruh dunia sehingga bisa mempermudah berbagi pengalaman dalam mencetak desain grafis.

Kelemahan Software Adobe Ilustrator

Di mana ada kelebihan, tentunya ada juga kelemahannya. Anda wajib mengetahui kelemahan AI agar bisa mengatasinya sehingga Anda pun tidak perlu terganggu dengan kekurangan-kekurangan tersebut. Berikut kekurangan AI sebagai software multimedia :

  1. Karena memiliki banyak sekali fitur dan toolsmaka banyak juga orang khususnya pemula malah bingung dengan penggunaannya.
  2. Penggunaan perangkat lunak ini juga harus sesuai dengan perangkat keras yang dipakai yaitu harus mendukung pembuatan desain
  3. Bagi para pemula penggunaannya masih sangat membingungkan apalagi untuk mengedit dan juga pemberian efek pada foto atau gambar.

Cara Menggunakan Adobe Ilustrator bagi Pemula

Selanjutnya kita akan membahas mengenai Tutorial adobe ilustrator agar Anda bisa segera mencoba dan mulai meningkatkan kualitas kemampuan dalam melakukan desain grafis. Berikut beberapa cara yang tepat bagi para pemula :

  1. Yang pertama tentu saja Anda harus Download adobe ilustrator terlebih dahulu.
  2. Lalu, mulai pelajari beberapa tool dan juga fitur dari AI. Anda bisa mencoba dengan membuka halaman baru lalu menggunakan beberapa garis, titik, pola, dan lain sebagainya.
  3. Setelah itu, Anda bisa mulai membuat beberapa pola grafis yang sederhana.
  4. Latih terus menerus, dan jangan pernah patah semangat. Anda boleh mencari inspirasi di Youtube atau meminta saran dan bantuan oleh orang yang berkompeten. Anda pun juga bisa mengikuti beberapa seminar.
  5. Setelah menguasai maka Anda pun akan bisa membuat berbagai ilustrasi yang menakjubkan.

Versi Adobe Ilustrator

Jika Anda hanya mengetahui Adobe Ilustrator terbaru saja maka informasinya masih kurang lengkap. sebenarnya banyak sekali versi yang ada karena AI bukan merupakan perangkat lunak grafis yang baru akan tetapi sudah sangat lama berkembang. Berikut beberapa versi Adobe Ilustrator yang perlu Anda tahu :

  1. Versi 1-1.6 (Ilustrator 88) merupakan versi yang pertama kali dikembangkan
  2. Versi 2-5merupakan versi kedua
  3. Versi 6-10 merupakan versi terakhir sebelum citra creativesuite berubah
  4. Versi CS-CS5 merupakan versi pertama untuk menyertakan kemampuan 3D
  5. Versi CS6 merupakan versi ke-16

Perbedaan Adobe Ilustrator dengan CorelDraw

Banyak orang yang sering menyamakan antara Software adobe ilustrator dan juga CorelDraw. Padahal sebenarnya kedua software tersebut tentu sangat berbeda. Adobe Ilustrator dikembangkan oleh perusahaan Adobe, sedangkan CorelDraw dikembangkan oleh perusahaan Corel. Untuk kelebihan dan kekurangan sebenarnya relatif siapa yang memakainya.

Apakah Penggunaan Adobe Ilustrator Berbayar ?

Anda bisa mendapatkan Adobe ai Download dengan mudah dan tersedia di store yang resmi. Software ini termasuk software multimedia yang berbayar jika Anda ingin mendapatkan akses sepenuhnya dari penggunaannya. Hal ini tidak menjadi masalah bagi para ilustrator profesional sebab sangat menguntungkan dan bisa menjadi sarana investasi yang sangat amat menguntungkan.

Kesimpulan dan Penutup

Dari beberapa pernyataan di atas maka bisa ditarik kesimpulan apabila Adobe Ilustrator atau yang biasa disebut dengan AI ini merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat berbagai karya berupa grafis vektor.

Adobe Ilustrator ini juga seperti perangkat lunak grafis lainnya yang memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Untuk mendapatkan akses yang luas tentunya Anda perlu melakukan langganan sehingga harus membayar. Adobe Ilustrator adalah perangkat lunak yang sangat digemari oleh para ilustrator sehingga walaupun berbayar pun mereka anggap sebagai sarana investasi sebab bisa digunakan untuk membuat vektor dan mulai mendapatkan uang. Penggunaan aplikasi ini juga mudah untuk dipelajari atau bisa digunakan oleh para pemula asal memiliki tekat yang kuat untuk belajar. Semoga informasi di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi semua yang membacanya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?