Mengenal Tentang DeepLearning, Artificial Intelligence, dan MachineLearning

artificial intelligence deeplearning machinelearning

Dengan adanya perkembangan dan juga kemajuan teknologi membuat banyak sekali ilmuan-ilmuan yang menemukan berbagai teknologi baru yang bisa membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Dengan teknologi yang canggih, tidak hanya membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah saja akan tetapi juga lebih cepat dan juga lebih akurat. Salah satu teknologi yang sangat canggih dan banyak kita temukan saat ini serta terus berkembang adalah Sistem kecerdasan buatan yang juga berhubungan dengan DeepLearning. DeepLearning adalah suatu bagian dari MachineLearning yang menggunakan AAN atau artificial neural network

Mungkin dari penjelasan yang sedikit tersebut masih kurang begitu bisa dipahami, oleh karena itu di pada Artikel Artificial Intelligence, MachineLearning, dan DeepLearning kali ini akan membahas tentang topik tersebut agar Anda menjadi lebih paham. Berikut beberapa penjelasannya :

Mengenal Tentang DeepLearning atau Pembelajaran Dalam

Mengenal Tentang DeepLearning

DeepLearning adalah suatu jenis algoritme jaringan syaraf tiruan yang mana bisa digunakan untuk mengolah berbagai informasi menggunakan meta data sebagai input dan cara pengolahannya menggunakan berbagai lapisan tersembunyi.

Jika Anda masih bingung dengan penjelasan di atas maka akan dijelaskan mengenai pengertian yang lebih mudah dipelajari. DeepLearning adalah suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh suatu mesin yang cara kerjanya meniru cara kerja sistem dasar otak manusia yang biasa disebut dengan neuralnetwork.

Bayangkan saja apabila suatu teknologi memiliki cara kerja otak manusia maka semua yang dikerjakannya akan sesuai dengan kemauan manusia dan bisa disesuaikan dengan pemikiran manusia. Oleh karena itu, DeepLearning banyak dipilih.

Jenis-jenis DeepLearning

DeepLearning ini memiliki dua jenis yang perlu Anda tahu. Berikut penjelasannya :

  1. DeepLearning untuk Pembelajaran Tanpa Pengawasan (UnsupersivedLearning)

Jenis DeepLearning yang satu ini digunakan saat label dari suatu target variabel tidak ada dan tidak memiliki korelasi nilai yang lebih tinggi sehingga harus dihitung dari mulai unit yang diamati untuk bisa menganalisis pola tersebut.

  • HybridDeep Network (DeepLearning Gabungan)

Yang kedua, jenis ini memiliki tujuan menghasilkan output yang diharapkan dengan menggunakan pembelajaran yang diawasi untuk bisa dilakukan analisis pola serta bisa juga dengan menggunakan pola yang tanpa pengawasan

Mengenal Tentang Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan

Mengenal Tentang Artificial Intelligence

Setelah membahas deeplearning dan sudah mulai menyinggung mengenai artificial intelligence maka kita akan membahasnya. Pengertian Artificial Intelligence adalah suatu entitas yang cerdas yang diciptakan oleh manusia dengan kemampuan yang mirip dengan kecerdasan otak manusia. Artificial Intelligence ini merupakan salah satu sistem yang banyak ditanamkan dalam beberapa mesin yang canggih untuk membatu berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia.

Kecerdasan buatan adalah suatu program yang banyak dimiripkan dengan program komputer yang canggih. Namun, lebih dari itu. Artificial Intelligence memiliki tingkat pemahaman dan pengolahan data yang sangat tepat dan sangat canggih bahkan menyerupai pemikiran manusia. Hal ini dikarenakan penggunaan sistem yang memang mengadopsi sistem berpikir dasar pada otak manusia.

Sejarah Artificial Intelligence

Setelah mengetahui tentang Pengertian kecerdasan buatan maka agar Anda tidak penasaran bisa mengetahui terlebih dahulu tentang Sejarah Artificial Intellegence itu sendiri. Sejarah ini dimulai pada tahun 1951an yang pada saat itu memang menjadi saat yang sangat gencar-gencarnya pembuatan cikal bakal kecerdasan buatan. Mesin pertamanya adalah Feranti Mark yang digunakan oleh Universitas Manchaster.

Beberapa tahun kemudian dilanjutkan oleh Christopher Strachey yang akhirnya menemukan konsep papan catur yang bisa dilakukan sendiri. Berikutnya, pada tahun 1956 John McCharty dalam konferensinya mengumumkan mengenai Artificial Intelligence. Sehingga beberapa tahun berjalan, konsep ini terus menerus disempurnakan dan dikembangkan oleh seorang ahli yang bernama Alan Turin yang menguji dan mengetes algoritme AI dengan TuringTest. Dan sampai saat ini terus dikembangkan dan mulai kita rasakan sehari-hari.

Contoh Konsep Artificial Intelligence

Setelah mengetahui Definisi artificial intelligence dan juga sejarahnya maka selanjutnya adalah membahas mengenai penerapan kecerdasan buatan. Seperti yang telah disinggung di atas bahwa sebenarnya penerapannya sudah banyak namun kurang begitu diperhatikan. Contoh kecerdasan buatan adalah :

  1. Mesin Pencarian Google yang mampu memberikan informasi yang pas dengan apa yang Anda cari, tidak hanya dengan kata kunci saja tetapi mampu mendeteksi dan mencari gambar yang tepat dari gambar yang Anda masukkan.
  2. Siri yang menggunakan teknologi AI yang mampu mendeteksi suara sehingga bisa melakukan perintah sesuai dengan keinginan penggunanya.
  3. Penggunaan sistem SelfDriving yang mana banyak digunakan untuk smartcar. Dengan teknologi AI ini Anda tidak perlu menyetir sebab mobil sudah bisa mendeteksi berbagai hal di jalanan.

Macam-macam Artificial Intelligence

Ada beberapa macam artificial intelligence yang harus Anda tahu, yaitu ada AI lemah dan ada juga AI kuat. AI lemah adalah suatu jenis AI yang dibuat untuk menyelesaikan beberapa tugas yang sederhana saja. Sedangkan untuk AI kuat atau AI strongadalah suatu jenis AI yang bisa mempelajari hal-hal baru dan memodifikasi kodenya secara otomatis. Hal ini berkaitan dengan berbagai ilmu yang ilmiah dan Samatha adalah suatu definisi yang tepat untuk jenis ini.

Anatomi Artificial Intelligence

Ada lima hal yang perlu dikuasai oleh AI yaitu yang pertama adalah persepsi, sistem akan dilengkapi dengan pancaindra bahkan lebih. Kedua, pemrosesan bahasa alami yang mana AI bisa menyampaikan informasi secara lisan. Ketiga, menyampaikan pengetahuan, yaitu AI harus mampu menemukan segala informasi sesuai pemikiran sendiri. Keempat, pengambilan keputusan dan Kelima, melakukan perencanaan serta pemetaan.

Mengenal Tentang MachineLearning atau Pembelajaran Mesin

Mengenal Tentang MachineLearning

Setelah beberapa kali disinggung mengenai MachineLearning maka kali ini kita kan membahasnya secara lengkap. MachineLearning merupakan salah satu cabang ilmu dari Artificial Intelligence yang memiliki pembahasan tentang pembangunan sistem yang berdasar pada suatu data.

Sebenarnya jika kita telah paham, penggunaan MachineLearning ini sudah banyak diterapkan pada lingkungan sekitar kita. Dan hal ini masih berkaitan juga dengan penggunaan artificial intelligence yang telah kita bahas sebelumnya yaitu misalnya saja adalah penerapan pada bidang kedokteran yang contohnya adalah elektrokardiogram yang bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika tadi kita fokus terhadap AI maka di learningmachine ini kita terfokus dalam bidang mesin yang digunakan. Sampai di sini pasti sudah paham bukan?

Kesimpulan dan Penutup

Jadi, dari beberapa penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa DeepLearning adalah . suatu metode pembelajaran yang mana sistem tersebut menggunakan Artificial intelligence sera menerapkannya menggunakan MachineLearning. Ketiga elemen tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya sehingga memang perlu dipelajari semua. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi Anda dan semua orang yang membacanya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?