Tips Aman Naik Kendaraan Umum Saat Pandemi Corona

tips naik kendaraan umum

Tips aman naik kendaraan umum saat pandemi Corona perlu anda ketahui demi menekan penyebaran virus Corona. Hal ini dikarenakan saat ini wabah virus Corona semakin membuat resah masyarakat Indonesia.

Berbagai wilayah di Indonesia telah memberlakukan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satunya dengan adanya kebijakan karyawan untuk bekerja di rumah.

Meskipun demikian, tidak semua lapisan masyarakat dapat melaksanakan PSSB sesuai dengan anjuran pemerintah. Beberapa perusahaan yang meminta karyawan untuk masuk kerja kembali.

Dengan ini cukup banyak pula masyarakat yang menggunakan kendaraan umum sebagai sarana transportasi mereka. Hal tersebut harus diperhatikan untuk mencegah penularan virus Corona.

Hal penting yang harus diperhatikan saat pandemi Corona ini adalah kita jangan sampai lengah terhadap penyebaran Covid-19.

Peningkatan kewaspadaan sangatlah penting. Hal ini dikarenakan virus Corona sangat mudah sekali menular melalui cipratan dahak atau dorplet (bersin) dari jarak dua meter saja.

Dilansir dari Live Science, virus Corona yang berasal dari droplet dapat bertahan hingga permukaan benda seperti logam serta plastik dalam beberapa waktu. Di tengah pandemi ini, penggunaan kendaraan umum memang suatu hal yang sangat dihindari.

Akan tetapi, bagi anda yang terpaksa harus bepergian ke luar rumah serta harus menggunakan sarana transportasi umum, maka anda harus benar-benar tetap waspada.

Dalam hal ini, anda harus mempersiapkan segala sesuatu untuk menghindari penularan virus Corona dari transportasi umum.

Beberapa Tips Aman Naik Kendaraan Umum Saat Pandemi Corona

Berikut ini beberapa tips aman saat berkendara menggunakan transportasi umum:

Gunakan Masker Tutup Mulut

Pada saat naik kendaraan umum, usahakan untuk selalu menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut. Hal ini merupakan upaya untuk menekan penyebaran virus Corona.

Usahakan Untuk Tidak Menyentuh Apapun

Selanjutnya adalah usahakan untuk tidak menyentuh apapun. Ketika berada di dalam kendaraan umum, usahakan jangan menyentuh apapun. Apabila anda menyentuh sesuatu selama di dalam kendaraan umum, maka segera bersihkan tangan setelah turun dari kendaraan.

Jaga Jarak Minimal 1 Meter

Saat ini kendaraan umum seperti Trans Jakarta dan MRT telah disesuaikan agar para penumpang dapat tetap jaga jarak satu sama lain. Para penumpang dilarang untuk duduk bersebelahan, terdapat kursi tanda silang yang tidak boleh ditempati.

Dengan demikian, para penumpang dapat selalu menjaga jarak serta dapat naik kendaraan umum secara aman. Jaga jarak juga berlaku pada penumpang yang berdiri tidak hanya penumpang yang duduk saja.

Sediakan Handsanitizer

Dengan selalu membawa handsanitizer merupakan salah satu tips aman naik kendaraan umum saat pandemi Corona yang perlu anda lakukan. Dalam berkendara menggunakan transportasi umum memang sangat sulit untuk menghindari untuk tidak menyentuh sesuatu.

Oleh karena itu, solusi tepat untuk menghadapi hal ini adalah dengan selalu menyediakan handsanitizer untuk anda gunakan dalam membersihkan tangan anda setelah memegang sesuatu.

Hindari Menyentuh Wajah dan Mengusap Mata

Selain itu, anda juga harus memperhatikan tips aman naik kendaraan umum saat pandemi Corona satu ini yakni jangan menyentuh area wajah dan mata.

Perlu anda ketahui, virus Corona dapat masuk melalui hidung, mulut, dan mata. Maka, disarankan bagi anda untuk tetap menggunakan masker saat bepergian.

Hal penting lain yang harus anda ingat adalah hindari menyentuh wajah selama berada di perjalanan. Selain itu, juga hindari mengusap mata meskipun mata anda terasa gatal.

Anda dapat menyentuh beberapa area tersebut dengan syarat anda telah mencuci tangan dengan menggunakan sabun selama lebih dari 20 detik dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Tips aman naik kendaraan umum saat pandemi Corona lainnya yang harus anda perhatikan adalah selalu melindungi diri anda dari paparan batuk atau bersin dari orang lain. Dengan mengikuti tips-tips aman diatas, maka anda dapat menekan penularan virus Corona selama berada di dalam kendaraan umum. Pastikan anda selalu menerapkan protokol kesehatan selama terjadi pendemi ini.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?