Tips Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah dan Efektif

tips laptop lemot

Pengguna laptop aktif perlu mengetahui tips mengatasi laptop lemot. Laptop merupakan salah satu gawai atau gadget yang paling sering digunakan sehari-hari. Selain handphone, kini laptop memiliki peran penting untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Mulai dari pelajar hingga pekerja kebanyakan memanfaatkan teknologi laptop setiap hari.

Laptop dinilai lebih praktis dibanding PC karena bentuknya yang lebih kecil dan mudah dibawa ke mana saja. Teknologi pada laptop dapat memudahkan berbagai pekerjaan, misalnya membuat dokumen, mengerjakan tugas kuliah atau skripsi, mengedit video, hingga sarana hiburan seperti menonton film dan mendengarkan musik.

Namun, banyaknya pekerjaan yang diselesaikan dengan laptop sering kali menjadikan performa laptop menurun. Salah satu penurunan performa laptop yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah laptop lemot. Tentunya ini sangat menghambat pekerjaan. Untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya Anda mengetahui tips mengatasi laptop lemot berikut.

Melakukan Scan dengan Antivirus

scan virus

Langkah ini merupakan cara yang sangat umum untuk memperbaiki kinerja laptop. Salah satu penyebab laptop lemot yang sering terjadi adalah adanya virus dan malware. Virus yang terdapat dalam sistem kerap kali membuat laptop bekerja lebih ekstra sehingga menyebabkan kinerjanya menurun dan terasa lemot.

Oleh sebab itu, gunakan software antivirus terbaik untuk mengatasi hal ini. Saat ini ada banyak rekomendasi software antivirus yang dapat Anda gunakan. Lakukan pemindaian (scanning) secara rutin. Jangka waktu terbaik untuk melakukan scan secara full dengan antivirus adalah satu minggu sekali.

Tips mengatasi laptop lemot dengan full scan ini sebaiknya Anda lakukan secara manual. Mengaktifkan antivirus otomatis dapat menyebabkan laptop bekerja lebih berat sehingga justru akan mengganggu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Tips ini terbilang mudah namun efektif. Jangan lupa juga untuk mengupdate antivirus agar kinerjanya maksimal.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

uninstall aplikasi yang tidak perlu

Laptop lemot bisa pula disebabkan oleh banyaknya aplikasi atau software yang terinstall. Software yang terlalu banyak dapat memperlambat kinerja laptop Anda. Apalagi jika terdapat banyak software yang ukurannya cukup besar. Ini akan memenuhi Drive C sehingga memakan kapasitas dan membuat sistem bekerja lebih lama.

Untuk itu, sebaiknya Anda mulai memilah software mana yang benar-benar diperlukan. Karena pada kenyataannya sering kali orang menginstall berbagai software yang sebetulnya jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Maka dari itu, cukup gunakan software-software yang Anda butuhkan saja dan menguninstall aplikasi yang tidak perlu.

Sebagai tambahan untuk memaksimalkan tips mengatasi laptop lemot Anda, tak ada salahnya memakai software dengan versi lama. Software versi terbaru memang menawarkan berbagai fitur menarik. Namun, fitur-fitur utamanya secara umum tidak jauh berbeda dibanding versi lama. Keuntungan memakai software versi lama adalah ukurannya yang lebih ringan sehingga ramah untuk sistem.

Menggunakan dan Memanfaatkan Software Booster

software booster

Software booster adalah aplikasi bantuan yang dapat membersihkan file-file tidak perlu alias file sampah di dalam laptop. Salah satu penyebab laptop lemot adalah banyaknya file yang tidak penting seperti cache, cookies, atau history browser. Untuk tips mengatasi laptop lemot ini, Anda dapat memanfaatkan aplikasi booster untuk laptop dan untuk membersihkan cache kamu bisa membaca Cara Membersihkan Cache pada Semua Browser.

Ada banyak software booster yang dapat Anda gunakan, seperti CCleaner, Advance System Care, dan sebagainya. Aplikasi ini bekerja menghapus file sampah sehingga dapat meningkatkan performa laptop menjadi lebih baik. Dengan begitu, risiko laptop lemot dapat dikurangi seminimal mungkin.

Laptop lemot memang sangat mengganggu kelancaran dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun hal ini dapat diatasi dengan berbagai cara seperti menguninstall software-software yang tidak diperlukan, melakukan full scan, dan memanfaatkan software booster. Beberapa tips mengatasi laptop lemot tersebut akan membuat Anda semakin nyaman saat bekerja dengan laptop.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?