Tips Merakit PC Gaming Sendiri di Rumah untuk Pemula

tips merakit PC gaming

Tips merakit PC gaming sendiri sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun di rumah. Pasalnya untuk merakitnya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Mengapa PC gaming begitu penting saat ini? Tentu karena PC yang memiliki spesifikasi dewa bisa digunakan untuk bermain game berat.

Namun mengapa harus merakit sendiri? Bukankah lebih mudah jika langsung membeli PC gaming? Silahkan saja jika mau merogoh kocek dalam karena membeli PC gaming setara dengan 1 sepeda motor baru, bahkan lebih. Apalagi jika merek terkenal seperti Asus ROG atau kelas Razer.

Tips Merakit PC Gaming Sendiri di Rumah untuk Pemula

Dengan merakitnya sendirimenggunakantips merakit PC gamingini, biaya pengeluaran bisa ditekan dan bahkan dibawah Rp10 juta. Meskipun pada dasarnya merakit sendiri memiliki risiko gagal, namun jika dibekali dengan beberapa tips sederhana tentu hasilnya akan berbeda. Jadi dengan modal minimal namun hasilnya maksimal.

Instal CPU dan CPU Cooler

Tips merakit PC gaming yang pertama adalah dengan melakukan instalasi CPU serta CPU Cooler. Namun sebelum menginstalnya, Anda perlu melepas motherboard dari kotak PC dan letakan di tempat yang bersih. Selanjutnya buka CPU dan keluarkan dari plastik pelingdung di motherboard dan perhatikan arah hadapnya.

Selanjutnya adalah memasang kipas atau pendingin CPU. Namun perhatikan juga OS yang digunakan apakah intel, linux atau yang lain. Kemudian pasang kipas pada bagian atas CPU hingga terdengar suara kuncian. Ini bertujuan untuk menjaga suhu CPU supaya lebih gahar ketika digunakan.

Instal M.2 SSD

Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa komputer sehingga nyaman digunakan. Karena kebanyakan motherboard saat ini sudah dilengkapi dengan slot M.2, maka Anda hanya perlu memasangnya pada slot pertama. Umumnya PC rakitan selalu memakai M.2 SSD karena performanya menjadi lebih meningkat.

Memasang I/O Shield

I/O adalah singkatan dai Input/Output dimana memiliki banyak sekali port seperti Port Paralel, Port Serial, dan masih banyak lagi. I/O Shield ini akan melindungi I/O pada motherboard. Biasanya ini terbuat dari plastik ataupun lempengan logam karena bertujuan untuk pelindung.

Namun tidak jarang ada motherboard yang sudah terpasang I/O Shield sehingga tidak perlu menambahkannya. Meskipun demikian, bagian ini perlu terus diperhatikandalamtips merakit PC gaming demi menjaga I/O terutama ketika lebih sering digunakan. Namun jika tidak ada, perlu ditambahkan dengan memasangkan lubang sampai terdengar bunyi kuncian.

Pasang SATA SSD

Biasanya ada beberapa kotak PC yang perlu ditambahkan braket atau penyangga untuk memasang kotak driver. Pasang penyangga pada setiap penyangga tambahan disetiap SSD dan memasukan kotak driver dengan SATA serta power konektor yang menghadap kearah luar.

Memasang MotherboardSetelahSemuaKomponenTerpasang

Ketika semua komponen sudah terpasang pada motherboard, langkah selanjutnya adalah memasukan motherboard ke kotak PC. Umumnya setiap kotak PC selalu dilengkapi dengan buku manual panduan pemasangan. Jadi Anda tidak perlu panik jika sampai pada tahap ini.

Sambungkan Kabel dan Pasang Power Supply

Tentu saja akan ada banyak kabel yang terlintas sehingga perlu perhatian khusus memasangnya. Namun jangan khawatir karena pada umumnya bagian kabel seperti kabel konektor hingga kabel USB tertulis lengkap dalam buku panduan motherboard. Jadi Anda hanya perlu membacanya.

Setelah itu pasang Power Suppley (PSU) pada bagian bawah kotak PC untuk tips merakit PC gaming. Tujuannya adalah supaya ventilasi PC, port, dan beberapa tombol juga menghadap belakang. Namun umumnya pemasangan PSU ini menyesuaikan dengan arah power supply pada kotak PC.

Langkah-langkah tersebut adalah jalan pintas jika menginginkan PC gahar, namun dengan modal yang minim. Siapa yang tidak ingin jika memiliki PC seperti ini yang bisa dibuat untuk bermain game berat dan tips merakit PC gaming ini bisa dilakukan sendiri tentunya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?