Wajib, Ini 5 Fitur Dasar Adobe Illustrator yang Harus Dipelajari Pemula!

tutorial adobe ilustrator

Apa yang biasanya Anda lakukan dengan Adobe Illustrator terbaru? Salah satu software yang dikembangkan Adobe System tersebut dirancang untuk mendesain vektor, menyunting gambar, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan multimedia.

Lebih dari itu, Adobe Illustrator adalah software yang akan memudahkan Anda dalam mengerjakan grafis digital. Jika Anda belum terbiasa mengoperasikannya, berikut lima fitur dasar yang sebaiknya dipelajari terlebih dulu sebelum memulai proyek di Adobe Illustrator.

  1. Swatches

Ada dua jenis swatches yang ditawarkan Adobe Illustrator versi terbaru, yakni global swatches dan non-global swatches. Global swatches merupakan koneksi yang diciptakan antara swatch dengan objek yang diterapkan. Sementara non-global switches akan membuat swatch berganti warna, tetapi hasil ini tidak terlihat pada objek yang telah diwarnai. Swatches pun membantu Anda untuk menjelaskan perubahan warna yang dihasilkan pada rancangan grafis.

  • Transform tools

Transform tools menyediakan peningkatan fitur yang membantu dalam mengubah objek dengan tingkat akurasi tinggi. Anda juga akan lebih mudah mengendalikan objek dibandingkan saat memakai selection tool. Kemudian, transform tools memanfaatkan titik acuan saat transformasi dilakukan pada objek yang bersangkutan. Begitu menguasai fitur ini, Anda akan lebih cepat dalam mengelola objek dan mengaplikasikannya untuk macam-macam desain.

  • Pen tool

Pen tool menjadi salah satu fitur yang sukar dikuasai dalam kegunaan Adobe Illustrator. Namun, Anda akan merasakan benefitnya setelah menguasai pen tool, terutama untuk merancang bentuk objek tertentu. Bukan hanya itu, kegunaan fitur Adobe Illustrator ini akan sangat membantu saat Anda berencana menjadi graphic designer. Sebagai permulaan, mulailah dengan menggambar objek sederhana, lalu tingkatkan kerumitannya secara bertahap.

  • Symbol

Adobe Illustrator memiliki simbol yang bisa digunakan untuk mengubah artwork, baik dari segi warna, bentuk, ukuran, dan perubahan lain. Keberadaan fitur tersebut dianggap efektif saat Anda sedang mengerjakan proyek tertentu dan membutuhkan revisi beberapa kali dari klien. Pasalnya, symbol pada Adobe Illustrator menyediakan symbol instance yang memudahkan Anda mengubah artwork dalam waktu cepat.

  • Appearance panel

Fitur lainnya yang patut dikuasai pengguna pemula Adobe Illustrator adalah appearance panel. Dengan fitur ini, Anda akan diberikan kontrol yang maksimal untuk memeriksa tampilan objek dan merancang desain yang kompleks pada basic path. Faktor-faktor lainnya yang membuat appearance panel begitu kuat adalah fungsinya yang memungkinkan Anda menentukan jumlah stroke, efek, dan desain lain dalam sebuah objek.

Sejumlah tutorial pemula Adobe Illustrator bisa Anda saksikan untuk memudahkan penggunaan kelima fitur di atas. Semoga setelah membaca panduan dan mengikuti tutorial Adobe Illustrator, Anda tak akan menemukan kesulitan saat memakainya. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan grafis digital mengesankan untuk calon klien.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Privacy Policy

©2020 Rembes.com

Log in with your credentials

Forgot your details?